Apa Itu Torrent


Apa itu Torrent ? Menurut informasi yang saya dapatkan dari berbagai sumber, Torrent adalah sebuah metode download secara P2P (Peer-To-Peer). Apa itu P2P ? P2P adalah hubungan antara 2 komputer atau lebih dalam suatu jaringan. Saat kita men-download suatu file melalui Torrent, komputer di seluruh dunia yang sedang men-download file yang sama akan berhubungan untuk saling men-transfer data satu sama lain. Untuk men-download melalui Torrent sendiri, dibutuhkan file berukuran kecil yang berekstensi *.torrent.

    Sebelum melangkah lebih jauh, marilah kita pahami dulu beberapa istilah umum dalam Torrent yang sering digunakan.
  • Seeder, adalah sebutan untuk seseorang yang telah selesai men-download file. Saat ini tugas Seeder hanyalah meng-upload seluruh file yang dia punya ke orang lain yang belum selesai men-download (Leecher). Setelah menjadi Seeder, dia tidak lagi melakukan proses download melainkan proses upload.
  • Leecher, adalah sebutan untuk seseorang yang sedang men-download file. Leecher melakukan 2 proses transfer secara bersamaan, yaitu Download dan Upload. Mengapa Upload ? Karena dia juga harus membagi file yang dia punya ke orang lain yang belum memiliki utuh file yang bersangkutan. Itulah prinsip Torrent yang utama, yaitu harus saling berbagi satu sama lain.
  • Tracker, adalah sebuah server pusat yang mengumpulkan informasi mengenai jumlah seeder dan leecher.
      1. Keuntungan men-download file melalui Torrent adalah proses download kadangkala dapat menjadi lebih cepat. Mengapa ? Karena kecepatan download dapat dipengaruhi oleh jumlah seeder dan leecher. Semakin banyak jumlah seeder dibandingkan leecher maka proses download menjadi lebih cepat, karena banyak seeder yang membantu mengirimkan data kepada kita. Sebaliknya apabila semakin banyak jumlah leecher dibandingkan seeder maka proses download menjadi lebih lambat, karena kita harus terbebani meng-upload data kepada sesama leecher.

      Maka untuk mengatasi hal tersebut, berikut ada tips dan trik agar download dengan Torrent dapat menjadi lebih cepat.

        Saat mengunjungi situs Torrent perhatikan keterangan jumlah seeder dan leecher-nya. Hanya download file yang memiliki banyak seeder dan sedikit leecher. Perhatikan perbandingan jumlah seeder dan leecher. Misalnya ada suatu file yang memiliki 50 seeder dan 5 leecher, tentu akan lebih cepat dibandingkan file yang memiliki 3510 seeder dan 3500 leecher. Jadi jangan dikira jumlah seeder yang mencapai ribuan pasti lebih cepat. Perhatikan juga jarak antara seeder dengan leecher, semakin tinggi selisihnya maka semakin cepat proses download-nya.
    1. Cari file Torrent yang memiliki banyak Tracker. Hal ini dimaksudkan agar semakin banyak informasi mengenai seeder dan leecher sehingga dapat mempercepat proses download.
    2. Batasi kecepatan upload tetapi jangan sampai 0 (nol), karena proses upload sangat mempengaruhi proses download.
    3. Apabila kita akan men-download melalui Torrent, ada hal penting yang harus diingat. Berkaitan dengan etika dalam dunia internet, khususnya Torrent. Saat sedang men-download file melalui Torrent, jangan sekali-kali memberi limit 0 (nol) pada kecepatan upload sedangkan kecepatan download-nya di-set unlimited. Itu namanya mau enaknya sendiri, tidak mau memikirkan orang lain. Sebaiknya, kecepatan upload si-set minimal menjadi 2.0 kBps setidaknya.
    4. Saat kita selesai men-download sebuah file melalui Torrent, maka status kita akan berubah dari leecher menjadi seeder. Tentunya proses download akan terhenti. Jangan langsung menutup aplikasi Torrent. Biarkan sejenak beberapa saat untuk meng-upload data ke komputer lain. Mengapa hal di atas wajib dilakukan ? Karena apabila hal di atas tidak dilakukan, server akan memblokir IP kita, sehingga kita tidak bisa lagi men-download melalui Torrent. Apabila sudah terjadi, maka kita harus mengganti IP kita.
      1. Tertarik untuk mencoba download melalui Torrent ? Sebelumnya kita harus men-download dan meng-install BitTorrent Client pada komputer kita. Untuk daftar lengkap BitTorrent Client dapat dilihat pada List of BitTorrent clients. Saya pribadi lebih suka menggunakan uTorren karena menggunakan resource yang ringan.

      Setelah itu kunjungi situs-situs Torrent untuk mulai men-download Torrent. Menurut informasi yang saya dapatkan dari TorrentFreak, data peringkat situs Torrent 10 besar di seluruh dunia berdasarkan statistik pengunjung menurut Alexa adalah sebagai berikut.

      Mininova (Alexa Rank: 290)

      ThePirateBay (Alexa Rank: 427)

      Demonoid (Members only) (Alexa Rank: 470)

      IsoHunt (Alexa Rank: 720)

      BitTorrent (Alexa Rank: 1468)

      Torrentz (Alexa Rank: 1492)

      TorrentBox (Alexa Rank: 4360)

      Meganova, sekarang Seedpeer (Alexa Rank: 8970)

      TorrentReactor (Alexa Rank: 9103)

      BiteNova (Alexa Rank: 11558)

      Semoga bermanfaat J

      About these ads
      1. tri
        05/09/2010 pukul 09:41

        tkx a lot bro infonya…ane jd paham.. ^^

      2. 05/09/2010 pukul 16:02

        iya sama sama :)

      3. Irul
        29/03/2011 pukul 12:51

        Trims..setelah bertaon-taon pake torrent baru pahm ckarang..hehehe

      1. No trackbacks yet.

      Tinggalkan Balasan

      Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

      WordPress.com Logo

      You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

      Twitter picture

      You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

      Facebook photo

      You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

      Google+ photo

      You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

      Connecting to %s

      Ikuti

      Get every new post delivered to your Inbox.

      %d bloggers like this: